Langsung ke konten utama

Rekomendasi

Esensial Antioksidan Yang Harus Menjadi Radar Semua Orang

Esensial Antioksidan Yang Harus Menjadi Radar Semua Orang Esensial Antioksidan Yang Harus Menjadi Radar Semua Orang Meskipun rasanya seperti musim semi baru saja dimulai (melihatmu, New York), musim panas akan tiba sebelum kita menyadarinya. Itu berarti liburan, bar atap, barbekyu di halaman belakang — dan, tentu saja, mungkin sedikit detoksifikasi saat kita melakukannya. Anda mungkin tidak perlu seorang ahli untuk memberi tahu Anda bahwa jus "membersihkan" atau detox du jour berlabel licin tidak akan banyak membantu kesehatan Anda — atau bahwa makan bersih dan hijau sebanyak yang kita bisa dan mendapatkan yang benar vitamin esensial adalah strategi yang lebih baik. Tetapi para praktisi kedokteran fungsional terkemuka dari Will Cole, DC, IFMCP ke Mark Hyman, MD ke Frank Lipman, MD semuanya telah memperhatikan satu bagian utama yang hilang: Kita tidak cukup banyak berbicara tentang glutathione, salah satu alat paling kuat dalam tubuh kita untuk detoksifikasi, kekebalan , dan d

Jaggery: Pemanis Tradisional India (+ resep sirup sederhana)

Jaggery: Pemanis Tradisional India (+ resep sirup sederhana)

Jaggery adalah pemanis tradisional dengan sejarah penggunaan ribuan tahun di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Beberapa pemanis selain madu mentah memiliki pengaruh yang lebih luas.

Sementara sebagian besar di negara-negara Barat masih asing dengan makanan leluhur ini, itu adalah pengganti yang sangat baik dan bergizi untuk pemanis yang diproses lebih lama selama Anda tahu apa yang harus Anda cari!
Jenis Jaggery

Ada dua jenis utama jaggery. Pertama, ada jaggery kurma yang juga disebut jaggery palem. Dua nama berbeda untuk hal yang sama ada karena sumber pemanis - pohon kurma.
Date atau Palm Jaggery

Jaggery kelapa dibuat dengan mengumpulkan getah pohon kurma. Pengrajin kemudian merebusnya dalam proses yang mirip dengan pendekatan penduduk asli Amerika untuk membuat sirup maple dan gula maple.
VIDEO TERBARU SAYA

Jenis ini lebih berharga dan karenanya sulit ditemukan di luar wilayah tempat kurma disadap secara tradisional.
Tebu Jaggery (Gur dan Panela)

Kedua, ada jaggery tebu.

Jenis jaggery yang lebih umum ini dibuat dengan menguapkan jus tebu mentah tanpa memisahkan molase dari kristal. Setelah jus tebu direbus cukup, itu dituangkan ke dalam cetakan dan dipotong-potong.

Di Amerika Selatan, jaggery dikenal dengan nama panela. Penduduk asli India menyebutnya gur. Nama-nama daerah lain umum di India seperti: (1)

    Bellam dalam bahasa Telugu
    Vellam dalam bahasa Tamil
    Charkara di Malayalam
    Bella di Kannada
    Gul di Marathi

Kualitas getah

Kualitas getah adalah segalanya untuk gur yang berasal dari tebu. Berbagai macam rasa dimungkinkan untuk alasan ini, dengan beberapa memiliki rasa asin / manis dan lainnya, rasanya lebih kaya.

Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk menggambarkannya secara pribadi, pemanis tradisional ini lezat di lidah! Seperti yang dikatakan oleh seorang penulis, jaggery seperti persilangan antara “molass pedas dan mentega karamel.” (2)

Anda dapat melihat mengapa ini sangat populer!

Jaggery vs Sugar Cane

Untuk tingkat tertentu, jaggery tebu sangat mirip dengan bentuk lain dari tebu. Langkah pertama dalam memproduksi kedua produk itu identik. Tebu dipanen dan kemudian direbus untuk mengekstrak getahnya. Perhatikan bahwa pemrosesan gula bit berbeda meskipun sama dalam hal tampilan dan rasa dengan gula tebu putih.

Di situlah kesamaan berakhir.

Di mana bentuk gula tebu (gula putih dan turbinado) yang halus kemudian mengalami pemrosesan lebih lanjut yang signifikan, jaggery tidak.

Sebaliknya, getah tebu terus direbus hingga berubah menjadi pasta kental. Produsen artisanal kemudian menuangkan pasta ke dalam cetakan atau balok untuk mengeras.

Perbedaan ada bahkan antara gula tebu mentah (sucanat) dan jaggery seperti:

    Jaggery memiliki rasa yang lebih kaya dibandingkan dengan sucanat.
    Sedikit berjalan jauh! Rasa jaggery sangat kuat dan memuaskan, itulah sebabnya budaya tradisional membutuhkan jumlah yang sangat kecil untuk memuaskan hasrat manis setelah makan.
    Teksturnya lembut dan lezat langsung dari sendok. Ini sangat lembut, pada kenyataannya, bahwa cara yang umum untuk menanganinya di dapur adalah dengan membuat parutan sedikit dengan parutan keju! Sebagai perbandingan, sucanat keras dan kristal.
    Jaggery berpadu lebih mudah dan karenanya lebih cocok untuk resep yang sedikit atau tidak ada pemanasan yang optimal. Ale jahe buatan sendiri dan root beer yang difermentasi adalah contoh resep tersebut.

Indeks Glikemik Gur

Satu-satunya tes pada indeks glikemik jaggery (GI) berasal dari akhir 1980-an. Saat itu, skornya mencapai tinggi 80-an. Risiko lonjakan gula darah yang begitu signifikan mungkin menjadi alasan mengapa budaya tradisional di India hanya makan dalam jumlah kecil di akhir makan yang mengandung lemak. Ini akan mengurangi efek pada gula darah secara signifikan.

Namun, jangan berkecil hati. Jaggery benar-benar perlu diuji ulang! Pengujian GI saat ini terhadap gula putih adalah 80, yang lebih rendah dari tes puluhan tahun pada jaggery. Oleh karena itu, aman untuk menyimpulkan bahwa GI yang benar kemungkinan mirip dengan sucanat (43). Secara khusus, jaggery kelapa dan jaggery tebu perlu dibandingkan baik secara nutrisi dan untuk masing-masing efek pada gula darah.

Berikut adalah GI pemanis umum lainnya untuk perbandingan:

Stevia 0
Buah biksu 0
Sirup Yacon 1
Erythritol 1
Xylitol 7
Agave 15-30
Sirup Beras Merah (dibuat secara tradisional) 25
Gula Kelapa dan Sirup Kelapa 30
Madu Mentah 35-58
Malted Barley 40
Sucanat 43
Sirup Maple 54
Molase Blackstrap 54
Gula Turbinado 65
Gula Putih 80
Jaggery 80+ ???
Sirup Singkong 90+
Glukosa 100
Maltosa 105

Profil Gizi

Jaggery kaya akan sejumlah nutrisi, seperti magnesium (30%), bersama dengan fosfor, zat besi dan kalium. Selain itu, tes ini lebih tinggi daripada kebanyakan gula dalam kadar antioksidan kemungkinan karena konsentrasi molase yang luar biasa. (3)

Kandungan magnesium yang sangat baik dari Jaggery mungkin mengapa secara tradisional dan bahkan hari ini, banyak orang dan dokter di India menggunakan dan merekomendasikannya untuk berbagai macam penyakit. Penggunaan ini termasuk bantuan dari kram otot dan kaki, insomnia, dan bahkan detak jantung yang tidak teratur.
Manfaat Jaggery dalam Kesehatan dan Kedokteran

Mengingat betapa tradisional dan luasnya penggunaan pemanis di berbagai kelompok dan sejarah, pertama-tama kita perlu menyadari bahwa hal-hal yang manis pada dasarnya tidak buruk!

Jika Anda meragukan hal ini, pertimbangkan bahwa kami memiliki selai rasa yang khusus dirancang untuk mendeteksi rasa manis! Jika jenis makanan ini tidak bermanfaat bagi biologi kita dalam beberapa cara, selera ini tidak akan ada! Pertimbangkan bahwa penduduk asli Amerika yang sehat dan kuat menghargai sirup maple dan gula maple.

Sayangnya, afinitas alami kita terhadap manis dapat disalahgunakan dengan pemanis buatan dan / atau buatan. Aditif ini termasuk dalam hampir semua makanan olahan yang menyebabkan kecanduan manis bagi banyak orang.

Mari kita perhatikan bagaimana tumpukan jaggery dibandingkan dengan pemanis lain di pasaran. Pertama-tama, ini jelas merupakan gula “baik” karena budaya tradisional yang sehat menikmatinya selama ribuan tahun. Ini utuh dan mudah dibuat dengan tangan tanpa nutrisi yang hilang.

Namun, jaggery tebu mungkin tidak bergizi seperti kurma dan jaggery kelapa yang kurang tersedia. Namun, ada sedikit data di luar sana saat ini untuk memverifikasi dugaan ini.
Sastra Ilmiah

Ada juga beberapa studi tentang jaggery. Itu memang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada banyak jenis gula lainnya, terutama gula putih, sirup jagung fruktosa tinggi, stevia, dan alkohol gula seperti xylitol. Kemungkinan besar, peringkat jaggery tepat di bawah atau tepat di samping madu, sirup maple, dan gula aren dalam hal nilai gizi.

Tetapi tidak seperti pemanis terkenal lainnya, jaggery tidak memiliki penelitian sebanyak tentang manfaatnya pada buku, setidaknya belum. Penelitian yang tersedia terutama adalah studi hewan. Misalnya, Jurnal Patologi Lingkungan, Toksikologi dan Onkologi menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa jaggery sangat membantu dalam mengurangi kerusakan ginjal pada tikus. (4)

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menemukan bahwa tikus mampu mentoleransi lingkungan yang berdebu dan berasap dengan lebih baik ketika diberi makan jaggery dan terbukti melindungi lesi yang disebabkan oleh asap di paru-paru. (5)

Semoga studi pada manusia akan datang di masa depan!
Gur dalam Pengobatan Alternatif

Obat auyervedic mengidentifikasi jaggery sebagai bermanfaat untuk pengobatan infeksi pernapasan. (6)

Di India, itu adalah makanan pokok dan dianggap penting untuk mencegah atau membantu banyak kondisi kesehatan. Manoj K. Ahuja dari Rumah Sakit Sukhda mengatakan:

    Paling baik dikonsumsi selama bulan-bulan musim dingin karena musim dingin adalah musim jaggery segar. Karena kaya akan banyak vitamin dan mineral penting, jaggery meningkatkan kekebalan tubuh, membuat tubuh tetap hangat, membantu mengobati pilek dan batuk, serta mengontrol suhu tubuh. Pemanis alami ini telah menjadi bahan baku utama di India sejak dahulu kala. (7)
   
    Haruskah Anda Mencoba Jaggery?

Bagi sebagian orang, terutama mereka yang ingin membuat makanan dan makanan tradisional dengan bahan-bahan asli mereka, mungkin sepadan dengan usaha untuk mencari jaggery berkualitas baik dari tebu atau asal kurma. Bagi yang lain, itu mungkin tidak menambahkan banyak yang sucanat dan gula kelapa belum menawarkan.

Jarak tempuh Anda mungkin beragam! Ini terutama benar jika keturunan Anda sedemikian rupa sehingga jaggery merupakan unsur penting untuk mencapai cita rasa masakan asli Anda.
Jaggery Organik

Jaggery menjadi lebih mudah ditemukan dan lebih terjangkau daripada sebelumnya. Bahkan jaggery organik membandingkan harga yang cukup menguntungkan dengan pound sucanat organik untuk pound (merek-merek ini adalah sumber yang sangat baik).

Jadi, jika Anda ingin beralih dari gula tebu utuh menjadi pemanis dengan rasa yang jauh lebih kaya, ini saat yang tepat untuk mencoba gur dalam resep favorit Anda.

Seperti banyak makanan tradisional, bahan makanan etnis dan penjual daring sering menjadi satu-satunya tempat untuk menemukan sesuatu seperti jaggery. Sebaiknya tetap menggunakan bahan organik jika memungkinkan, karena produksi tebu juga rentan terhadap pestisida, herbisida, dan penyakit pertanian industri lainnya seperti halnya tanaman dan makanan lainnya. (5, 6)

Selain itu, sementara pohon kurma biasanya tidak mengalami penyemprotan, tanaman tebu pasti dengan beberapa produsen kasar bahkan menggunakan glifosat untuk pengeringan pra-panen dengan cara seperti gandum konvensional. Jaggery tebu yang ditanam secara konvensional harus dihindari karena alasan ini.
Sirup Jaggery

Beberapa hidangan dapur membutuhkan pemanis cair daripada bubuk. Dalam hal ini, sirup jaggery menjadi pengganti molase atau sirup maple yang sangat baik untuk gerimis pada pancake atau wafel. Ini juga enak di es krim! Membuatnya mudah setelah Anda bersumber dari penyedia kualitas bubuk jaggery atau balok untuk kisi (tempat saya membeli). Saya akan merekomendasikan untuk tidak memesan sumber jaggery di luar negeri yang belum diuji karena dapat menjadi sumber kontaminasi timbal.

Resep Sirup Sederhana Jaggery

Resep sirup jaggery sederhana untuk gerimis dengan pancake, wafel, atau es krim. Juga cocok untuk digunakan dalam minuman fermentasi buatan sendiri seperti bir jahe atau root beer.
Waktu Persiapan 3 menit
Masak Waktu 10 menit
Total Waktu 10 menit
Porsi 1 gelas
Penulis Sarah Pope MGA
Bahan

    1 cangkir jaggery bubuk atau parut; tebu atau jaggery kelapa. Lebih disukai organik
    1 gelas air yang disaring

Instruksi

    Campur air dan jaggery dalam panci kecil dan nyalakan api sedang-tinggi.

    Aduk selagi campuran menghangat sampai semua kerutan larut. Anda akan memiliki sekitar 1 dan 1/2 gelas cairan pada saat ini.

    Didihkan campuran, lalu kecilkan api ke api kecil sampai mendidih sampai sirup jaggery mengental hingga konsistensi yang diinginkan. Dikurangi sekitar sepertiga adalah aturan praktis yang bagus.

    Angkat dari api. Dinginkan hingga suhu kamar. Simpan dalam stoples kecil di dapur atau lemari es.

Catatan resep

Sirup jaggery akan menebal saat dingin. Jika terlalu padat untuk Anda sukai jika Anda simpan di lemari es, cukup hangat di atas kompor dan akan mencair kembali.
Jika Anda menikmati resep ini, lihat resep pasta, resep kue, dan resep kue saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adakah Orang Lain yang Memiliki Impian Gila Ketika Mereka Mendetoksifikasi?

Adakah Orang Lain yang Memiliki Impian Gila Ketika Mereka Mendetoksifikasi? | Mengetahui saya adalah editor kesehatan di mindbodygreen, mungkin tidak akan mengejutkan Anda untuk mengetahui bahwa saya telah melakukan pembersihan dan detoksifikasi yang adil. Mencoba protokol nutrisi terbaru, seperti puasa atau diet ketogenik, adalah bagian dari pekerjaan saya. Bulan lalu saya bergabung dengan beberapa teman yang mencoba pembersihan 2 minggu. Dan meskipun tidur seperti batu dan membuat pencernaan kita kembali ke jalurnya, kami bertiga mengalami gejala yang sangat aneh: Kami memiliki mimpi paling gila dan paling jelas hampir setiap malam selama pembersihan. Adakah Orang Lain yang Memiliki Impian Gila Ketika Mereka Mendetoksifikasi? Secara alami, saya punya banyak pertanyaan. Apakah ini normal? Apakah itu terjadi pada semua orang? Apa ilmu di baliknya? Saya menghubungi beberapa ahli kesehatan terbaik kami, termasuk Dr. Frank Lipman — anggota kolektif mbg, instruktur kelas, dan pencipta pro

Baloxavir (Xofluza): Obat antivirus baru untuk flu

Baloxavir (Xofluza): Obat antivirus baru untuk flu Obat baru untuk pengobatan influenza disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada Oktober 2018, tepat pada waktunya untuk musim flu 2018-19. Baloxavir marboxil (Xofluza) bekerja melawan dua jenis virus influenza yang menyebabkan penyakit pada manusia, influenza A dan B. Obat baru ini bekerja secara berbeda dari obat yang ada saat ini, termasuk oseltamivir (Tamiflu), zanamivir (Relenza), dan peramivir (Rapivab). Obat-obatan yang lebih tua ini menghambat virus dengan memblokir enzim virus yang disebut neuraminidase. Sebaliknya, baloxavir menghambat subunit dari virus polimerase, enzim yang bertanggung jawab untuk replikasi virus influenza. Sederhananya, baloxavir mengganggu kemampuan virus flu untuk berkembang biak, sementara obat yang lebih tua mengganggu kemampuan virus flu untuk menyebar di dalam tubuh. Mekanisme aksi yang berbeda ini berarti baloxavir mungkin efektif melawan jenis influenza A yang kebal terhadap oselt